Kenali Lebih Jauh Dompet dan Bursa Kripto

Saat ini, ada beragam cara yang bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan mata uang kripto. Salah satunya adalah melalui aktivitas jual beli. Aktivitas ini juga bahkan dapat dilakukan baik secara orang perorangan bagi mereka yang terlibat dalam negosiasi pribadi. Cara yang lain yang lebih sederhana dan bervariatif adalah melalui bursa mata uang kripto. Namun, terlepas dari cara yang dimiliki, kedua pilihan tersebut memiliki satu kesamaan: seluruh transaksi harus melibatkan peran serta dompet mata uang kripto. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan dompet dan bursa mata uang kripto? Kenapa kehadiran bursa kripto dibutuhkan? 

dompet dan bursa kripto

Apa Itu Dompet dan Bursa Kripto? 

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, dompet dan bursa mata uang kripto adalah 2 istilah penting dalam dunia kripto. Istilah dompet kripto sendiri merujuk pada perangkat yang digunakan untuk menyimpan kunci rahasia milik empunya dompet tersebut. Kunci ini sendiri merupakan serangkaian kata sandi yang memungkinkan sang pemilik untuk mengakses seluruh mata uang kripto miliknya dengan aman. Dengan kata lain, dompet kripto merupakan perangkat yang memungkinkan pemiliknya untuk mengirim dan menerima mata uang kripto secara leluasa. Saat ini sendiri, dompet mata uang kripto tersedia baik dalam bentuk perangkat keras seperti Ledger yang menyerupai perangkat USB maupun aplikasi seperti dompet digital. Versi yang kedua ini cenderung lebih disukai karena memudahkan pemiliki dompet untuk bertransaksi dengan begitu mudah. 

Sementara itu, bursa kripto dapat diartikan sebagai sebuah platform tempat para penggunanya dapat melakukan jual beli mata uang kripto. Pada tempat ini, para para pengguna tidak hanya dapat membeli mata uang kripto tertentu, melainkan juga menukar mata uang kripto tertentu dengan mata uang kripto lain.  

Berbagai Keuntungan Menggunakan Dompet dan Bursa Kripto 

Jika dibandingkan dengan upaya membeli mata uang kripto secara perorangan, bergabung dengan bursa mata uang kripto memiliki keuntungan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya yang layak menjadi pertimbangan calon pengguna. 

  1. Pendaftaran mudah  

Saat ini, sebagian besar bursa mata uang kripto yang beroperasi di Indonesia menawarkan kemudahan dalam pendaftaran pengguna baru. Para calon pengguna hanya diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, melampirkan dokumen identitas diri yang dikeluarkan oleh pemerintah, hingga melengkapi data rekening bank. Tak hanya itu, keunggulan lainnya adalah secara keseluruhan proses ini hanya memakan waktu kurang lebih 1 x 24 jam kerja. 

  1. Beragam jenis mata uang kripto 

Di bursa kripto, masyarakat juga diberikan kemudahan dalam mengakses berbagai jenis mata uang kripto. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat lebih dari 100 jenis mata uang kripto yang diperdagangkan secara luas. Jumlah ini dapat bervariasi dari satu bursa ke bursa lainnya.  

  1. Legal 

Keuntungan lain yang bisa didapatkan masyarakat adalah aspek legalitas. Ketika bertransaksi di bursa mata uang kripto yang terdaftar di pemerintah, masyarakat secara tidak langsung mendapatkan perlindungan hukum. Dalam hal ini, perlindungan yang dimaksud adalah seluruh pihak yang terlibat dalam transaksi kripto tidak akan dianggap melakukan perbuatan ilegal. Dengan demikian, transaksi dapat dilakukan dengan bebas dan tanpa rasa khawatir.  

  1. Proses jual beli mata uang kripto mudah 

Keuntungan berikutnya yang ditawarkan bursa mata uang kripto adalah kemudahan dalam proses jual beli. Secara umum, ketika melakukan proses jual beli, para pengguna akan terlibat dalam proses negosiasi harga. Dalam hal ini, penjual menawarkan sejumlah mata uang kripto miliknya pada nilai tertentu. Apabila calon pembeli sepakat dengan nilai tersebut, maka transaksi dapat terjadi. Prosesnya memang sesederhana ini. 

  1. Biaya komisi cukup terjangkau 

Sebagai platform jual beli mata uang kripto, bursa kripto memang biasanya mengenakan biaya komisi. Namun, tarif yang ditawarkan biasanya cukup terjangkau, baik dalam persentase maupun tarif tetap.  

  1. Mengikuti tren pasar global 

Seluruh aktivitas jual beli dan kenaikan harga mata uang kripto di bursa selalu mengikuti dinamika yang terjadi di pasar global. Dengan cara ini, para pengguna tidak perlu khawatir akan risiko ketinggalan informasi atau dinamika terbaru di kancah mata uang kripto global.  

tren global

Beragam Bursa Mata Uang Kripto di Indonesia 

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, di Indonesia sendiri, perdagangan mata uang kripto sendiri sudah diakui. Hanya saja, pengakuan dari pemerintah bukan berupa mata uang kripto sebagai alat transaksi atau pembayaran yang sah. Pemerintah hanya mengakui mata uang kripto sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan. Meski demikian, pengakuan seperti ini sudah cukup untuk memberikan dasar dan perlindungan hukum bagi kehadiran berbagai bursa kripto di Indonesia.  

Adapun beberapa jenis bursa mata uang kripto yang beroperasi di Indonesia saat ini adalah sebagai berikut. 

No.

Nama bursa

Operator

Aset Kripto

1

Indodax

PT Indodax Nasional Indonesia

Bitcoin, Ethereum,  BNB, USD Coin, Solana, Cardano, Dogecoin, Polkadot, Shiba Inu, Binance USD, Crypto.com Chain, Wrapped Bitcoin, NEAR Protocol,  Uniswap,  Algorand,  Litecoin,  Cosmos, Bitcoin Cash,  Tron, Fantom dll. 

2

Tokocrypto

PT Crypto Indonesia Berkat

Bitcoin, Ethereum, TetherUS, BNB, USD Coin, Solana, Cardano,  Terra, Polkadot, Avalanche, Dogecoin, Polygon, SHIBA INU, Binance USD, ChainLink, NEAR Protocol,  Uniswap,  Algorand,  Litecoin, Cosmos dll.

3

Zipmex

PT Zipmex Exchange Indonesia

Bitcoin,  Ethereum, Tether, Binance Coin, USD Coin,  Solana,  Cardano, Terra, Polkadot, Avalanche, Dogecoin, Polygon, Shiba Inu,  Chainlink,  Uniswap,  Algorand,  Litecoin,  Cosmos, Bitcoin Cash, TRON dll.

4

Idex

PT Indonesia Digital Exchange

Bitcoin, Ethereum, Tether USDT, Bitcoin Gold, Dogecoin, Litecoin, Zcash, Electroneum, Aurora, Chainpay, Zerocoin, Vexanium, Dash, Chainlink, Ampleforth, Ren, TRON, REEF, Degree Crypto Token, Binance Coin dll.

5

Pintu

PT Pintu Kemana Saja

Bitcoin, Ethereum, Tether, Binance Coin, USD Coin,  Solana,  Terra, Dogecoin, Cardano, Polygon, Chainlink, Wrapped Bitcoin, Uniswap, Polkadot, Perpetual Protocol,  Ripple,  Decentraland, Compound, Synthetix, Yearn.finance dll. 

6

Luno

PT Luno Indonesia LTD

Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, Litecoin, Ripple

7

Koinku

PT Cipta Koin Digital

Bitcoin, Ethereum, Ripple, Dogecoin

8

Triv

PT Tiga Inti Utama

Bitcoin, Ethereum, Stellar, Ripple, EOS, Litecoin, Dash, Tether, Chainlink, Dogecoin, BNB, Matic-Polygon, SHIBA INU, Polkadot, Cardano, Solana, Axie Infinity, Skrill, Paypal, Neteller dll.

9

Upbit

PT Upbit Exchange Indonesia

Bitcoin, Ethereum, Tether, Ripple, Solana, Dogecoin, Bitcoin Cash, Polygon, Polkadot, Uniswap, Litecoin, Basic Attention Token, TRON, Decentraland, Chainlink, Qtum, OmiseGo, ADA,  Function X, ONBUFF dll.

10

Rekeningku

PT Rekeningku Dotcom Indonesia

Bitcoin, Ethereum, Tether ERC20, Basic Attention Token, Cardano, Polygon, Solana, Algorand, Shiba Inu, SushiSwap, Ripple, ChainLink, Stellar, Dogecoin, Uniswap, Hedera Hashgraph, EOS, Compound, Litecoin, Bitcoin Gold dll. 

11

Bitocto

PT Triniti Investama Berkat

Bitcoin, Ethereum, Tether, Litecoin, Matic, ChainLink, BNB, Dogecoin, Ripple, Tron, BitTorrent, DigiByte, dan EOS.