Lompat ke konten
Home » Kontribusi GameFi Semakin Besar ke Kripto dan NFT

Kontribusi GameFi Semakin Besar ke Kripto dan NFT

  • oleh
GameFi

Mata uang kripto telah berkembang dengan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tapi penggunaan sebagai alat tukar bukanlah satu-satunya yang menarik tentang komoditas digital ini. Sektor GameFi juga dilaporkan mengalmai perkembangan yang luar biasa slama beberapa tahun terakhir ini. Bahkan sektor digital yang satu ini juga sukses menarik perhatian investor.

Pertumbuhan Pesat GameFi

Industri kripto telah berkembang dengan begitu luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan tersebut adalah industri GameFi.

GameFi sendiri merupakan singkatan dari Game dan Finance atau yang bisa diartikan sebagai permainan dan keuangan. Sektor ini memungkinkan pemain utnuk mendapatkan penghargaan ketika bermain di permainan tertentu.

Menurut data terakhir, pasar ini mencatatkan pertumbuhan yang relatif stabil. Terakhir, pasar ini berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar nyaris 9,2 miliar Dolar Amerika Serikat. Tak hanya itu, jaringan GameFi juga berhasil bertahan di tengah badai mata uang kripto. Para pakar pun memprediksi industri ini akan bertumbuh hingga menyentuh 74,2 miliar Dolar Amerika Serikat pada tahun 2031 mendatang.

Cara Kerja Jaringan GameFi

Ekosistem GameFi didasarkan pada teknologi rantai blok dan menggunakan pengaturan ekonomi dalam permainan yang berbeda di setiap permainan untuk memberikan penghargaan kepada pemain. Penghargaan ini umumnya diberikan dalam bentuk nonfungible token (NFT) yang dapat diperdagangkan di tempat-tempat penjualan kripto umum. NFT yang diberikan biasanya berbentuk tanah virtual, kostum, hingga senjata yang umumnya memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pengalaman para pemain.

Perbedaan dalam strategi permainan dan pengaturan ekonomi menjadi dua hal yang membuat setiap permainannya unik. Salah satu pengaturan ekonomi GameFi yang cukup populer adalah model play to earn (P2E). Model ini dirancang untuk menjaga para pemain tetap bermain sambil memberikan mereka penghargaan.

Model ini memungkinkan pemain untuk menyelam di permainan yang mereka sukai tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Meski demikian, perkembangan pemain di permainan tersebut bisa terhambat jika ada item-item tertentu yang belum dimiliki pemain. Akibatnya, pemain pun didorong untuk memiliki item tersebut, salah satunya dengan melakukan pembelian agar dirinya tetap bisa terus bermain dan naik level untuk mendapatkan penghargaan yang lebih besar.

Model ini pun diterapkan di beberapa jaringan permainan rantai blok. Beberapa di antaranya adalah Gala, Axie Infinity, The Sandbox, sampai Decentraland.

Di Balik Popularitasnya

Menurut catatan beberapa crypto exchange, dunia GameFi berhasil menarik perhatian dari jutaan pengguna dalam beberapa tahun terakhir ini. Perkembangan ini terhitung luar biasa mengingat industri ini secara praktis belum muncul sampai tahun 2015 silam.

Sekarang, industri ini dipercaya memiliki 800.000 pengguna harian. Banyak di antaranya tertarik ke ekosistem ini karena manfaat yang bisa mereka peroleh.

Salah satu manfaat tersebut adalah kemudahan memperdagangkan aset digital yang mereka miliki. Laporan pasar terkini yang diluncurkan oleh CoinMarketCap menemukan bahwa sekitar 75% pemain terbuka untuk memperjualbelikan aset dalam permainan mereka untuk bisa mendapatkan sejumlah uang. Keuntungan ini merupakan salah satu alasan utama yang menjadikan GameFi begitu menarik di mata pemain

Beberapa aset virtual, seperti tanah, juga bisa disewakan kepada pemain lain. Pemain yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan juga bisa mencoba cara lain yaitu menggadaikan aset mereka. Insentif-insentif seperti inilah yang kemudian berhasil mendorong popularitas sektor industri kripto yang satu ini.