Lompat ke konten
Home » Kejuta Di Balik Jaminan Jumbo Bankman-Fried

Kejuta Di Balik Jaminan Jumbo Bankman-Fried

  • oleh
Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried melangkah keluar dari gedung pengadilan federal di Amerika Serikat. Momen tersebut terjadi pada hari Kamis waktu setempat, yang secara praktis membuat dirinya bebas dari dakwaan yang dikenakan kepadanya.

Bankman-Fried

Kabar Mengejutkan dari Sosok Bankman-Fried

Berbagai media di seluruh belahan dunia dengan cepat menyampaikan kabar terkait Bankman-Fried. Pendiri bursa kripto FTX tersebut dikabarkan bebas dari penjara setelah membayar jaminan dalam jumlah yang luar biasa besar, 250 juta Dolar Amerika Serikat. Di pengadilan, Asisten Jaksa Amerika Serikat, Nicholas Roos, menggambarkan jaminan tersebut sebagai jaminan pra-peradilan terbesar yang pernah ada.

Tapi kenyataannya ternyata sebaliknya. Jumlah yang harus dibayar oleh sosok kontroversial tersebut tak sampai 250 juta Dolar Amerika Serikat. Faktanya, jumlahnya jauh lebih sedikit dari klaim yang disampaikan di pengadilan.

Kasus Bankman-Fried

Dalam kasus pengadilan federal yang umum terjadi, jaminan yang harus dibayar oleh pihak tersangka bervariasi antara 10 sampai 15% dari nilai yang didakwakan untuk mengelarkan jaminan kepastian atau jaminan keluar dari penjara. Dalam kasus jaminan dalam jumlah yang luar biasa besar di kasus Bankman-Fried, 15% dari 250 juta Dolar Amerika Serikat, seharusnya bernilai 37,5 juta Dolar Amerika Serikat. Tpai kenyataannya Bankman-Fried tidak membayar jaminan sejumlah tersebut. Ia justru tidak membayar apapun dari jaminan senilai 250 juta Dolar Amerika Serikat. Tidak ada sama sekali. Nihil.

Ada juga cara lain untuk bisa mendapatkan jaminan keluar dari penjara. Terdakwa, atau kuasa mereka, dapat mengajukan pembayaran bersama-sama dalam jumlah penuh dari jaminan yang harus dirinya bayar. Kemudian, jika terdakwa gagal hadir di persidangan, nilai pembayaran bersama akan ditentukan oleh pihak pengadilan. Jadi, dalam kasus, Bankman-Fried, ini berarti ia akan membutuhkan sosok lainnya yang bisa menyatakan komitmen bersama untuk membayar 250 juta Dolar Amerika Serikat demi mendapatkan jaminan. Tapi ini juga tidak terjadi.

Jumlah yang Dibayar Bankman-Fried Lebih Kecil

Sebaliknya, pertanyaan tentang masalah crypto itu apa yang kerap melanda sang pendiri FTX tersebut adalah jumlah sebenarnya yang dirinya bayar kepada pengailan. Kabarnya, orangtua terdakaw berjanji untuk mengagunkan rumah mereka di Palo Alto, California, tempat dirinya akan tinggal sebagai tahanan rumah. Kabarnya, nilai properti tersebut hanya di angka 4 juta Dolar Amerika Serikat. Aset inilah yang menjadi satu-satunya jmainan di kasus pendiri bursa FTX tersebut. Tidak ada jaminan lain yang disampaikan ke pihak pengadilan.

Jadi, darimana sebenarnya angka 250 juta Dolar Amerika Serikat tersebut ditentukan?

Dalam kasus ini, Bankman-Fried tidak diwajibkan untuk membayar jaminan keluar penjara seperti yang umum berlaku. Sebaliknya, ia dikeluarkan dari penjara atas jaminan pengakuan pribadi. Jaminan pengakkuan pribadi mengandung janji mutlak terdakwa (dan dalam kasus ini, orangtuanya), untuk membayar pengadilan sejumlah 250 juta Dolar Amerikat Serikat jika dirinya gagal hadir di pengadilan untuk menjalani persidangan pada waktu yang ditentukan.

Ya, seperti yang Anda lihat, Bankman-Fried keluar dari penjara secara praktis dengan tidak mengeluarkan biaya apapun. Ia hanya perlu berjanji kepada pihak pengadilan bahwa ia akan membayar 250 juta Dolar Amerika Serikat jika dirinya tidak bisa hadir di pengadilan nantinya. Nilai ini juga harus dibayarnya jika ia memutuskan untuk kabur ke luar negeri dalam upaya membebaskan diri dari kasus yang menjerat dirinya.