Lompat ke konten
Home » Bank Tertua Brasil Izinkan Pembayaran Pajak dengan Kripto

Bank Tertua Brasil Izinkan Pembayaran Pajak dengan Kripto

  • oleh
Brasil

Sebuah bank besar di Brasil kini menawarkan cara pembayaran pajak terbaru yang diklaim lebih nyaman kepada wajib pajak di negara tersebut. Cara pembayaran terbaru tersebut adalah kripto.

Brasil

Terobosan Pembayaran Pajak di Brasil

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh bank asal Brasil, Banco do Brasil, pada 11 Februari 2023 yang lalu, pihaknya kini memungkinkan para wajib pajak di negara Samba tersebut untuk membayar tagihan pajak mereka menggunakan mata uang kripto. Inovasi tersebut diambil sebagai sebuah inisiatif bersama dengan firma kripto asal negara yang sama, Bitfy.

Dengan demikian, untuk sementara ini, layanan ini hanya tersedia bagi para wajib pajak asal negara tersebut yang juga merupakan pengguna Bitfy. Nantinya, firma tersebut akan bertindak sebagai rekan pengumpul bagi bank-bank utama di negara tersebut.

Diklaim Lebih Nyaman untuk Wajib Pajak Brasil

Pihak lembaga keuangan tersebut juga mengklaim bahwa inovasi ini akan membuat para wajib pajak lebih nyaman dalam melakukan pembayaran. Layanan ini dapat digunakan nasabah untuk memperluas penggunaan dan akses terhadap ekosistem aset digital yang dimaksud dengan ‘cakupan nasional’ sambil mendapatkan perlindungan nasabah terbaik seperti yagn digunakan dalam industri keuangan.

Terkait layanan ini, pendiri dan CEO Bitfy, Lucas Schoch, menambahkan bahwa ekonomi digital yang baru merupakan katalis perubahan masa depan yang menawarkan begitu banyak keuntungan.

Proses Pembayaran Diklaim Lebih Mudah

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan asal Brasil tersebut, para pengguna coin crypto akan mengalami sebuah proses pembayaran yang lebih mudah dan langsung. Para wajib pajak juga akan mendapatkan tampilan detail kewajiban perpajakan yang harus mereka penuhi. Pembayaran juga akan dilakukan dalam mata uang resmi negara Brasil. Nantinya, jumlah pembayaran akan dikonversi ke jumlah yang setara dengan mata uang kripto pilihan pengguna berdasarkan kurs yang ada.

Para nasabah kemudian bisa mengakses tagihan kewajiban perpajakan mereka dengan memindai sebuah kode batang, seperti yang dilakukan ketika membayar ‘boleto’ atau tiket dalam bahasa setempat. Sebagai informasi, cara pembayaran ini tergolong cukup populer di negara tersebut.

Langkah yang diambil oleh salah satu lembaga keuangan di Brasil tersebut terwujud tak lama setelah pemerintah salah satu kota di Brasil, Rio de Janeiro, mengambil langkah signifikan dalam ekosistem mata uang digital ini. Pemerintah kota tersebut mengumumkan bahwa layanan pemberintah akan menerima pembayaran pajak menggunakan mata uang kripto, mulai bulan Oktober 2022.

Kemudian, pada bulan Desember 2022, pemerintah negara Brasil mengesahkan sebuah peraturan yang memungkinkan penggunaan mata uang kripto secara legal sebagai salah satu cara pembayaran di negara tersebut. Meski demikian, peraturan tersebut baru akan berlaku secara utuh dan menyeluruh pada bulan Juni di tahun ini.

Sebelumnya, pemerintah negara tersebut memberitahukan kepada seluruh penduduknya bahwa per Mei 2022, seluruh wajib pajak akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran menggunakan sistem yang serupa dengan perdagangan mata uang kripto, seperti mengonversi Bitcoin menjadi Ether. Namun, tidak semua investor kripto di negara tersebut harus mendeklarasikan perdagangan mereka. Pihak regulator hanya mewajibkan tindakan tersebut dari para investor yang memperdagangkan lebih dari 35.000 real atau setara dengan USD6711 menggunakan pembayaran kripto, yang nantinya akan dikenakan pajak kripto.