Lompat ke konten
Home » Perlukah Mengeluarkan Regulasi Aset Kripto Khusus?

Perlukah Mengeluarkan Regulasi Aset Kripto Khusus?

  • oleh

Wakil Ketua Kementerian Keuangan Amerika serikat, Lael Brainard, pada hari Jumat waktu setempat mengatakan bahwa regulasi aset kripto sangat dibutuhkan saat ini. Jika tidak, industri aset digital ini dapat mendatangkan bahaya yang begitu luas terhadap sistem keuangan. Ia juga berpendapat bahwa kurangnya panduan regulasi telah menyebabkan kebingungan dan masalah lain yang menyangkut industri mata uang kripto. Sementara itu, terlepas dari kejatuhan nilai Bitcoin pada tahun ini, pihak regulator Amerika Serikat tetap menunjukkan dukungan terhadap potensi, pertumbuhan, serta jangkauan industri ini.

Pandangan Pejabat AS Terkait Regulasi Aset Kripto

Wakil Ketua Kementerian Keuangan Amerika Serikat, Lael Brainard, bergabung dengan sederet pejabat pemerintah AS lainnya yang memberikan masukan terkait mata uang kripto. Pada hari Jumat waktu setempat, ia berujar bahwa regulasi aset kripto dibutuhkan atau industri aset digital ini dapat mengalami bahaya dalam cakupan yang lebih luas.

Ketika memberikan pidato di konferensi Bank Inggris di London,ia beruajr bahwa inovasi memiliki potensi untuk menjadikan layanan keuangan lebih cepat, murah, dan inklusif. Namun, semua hal ini harus dilakukan dalam cara-cara yang sesuai dengan ekosistem digital. Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa penting untuk menghadirkan regulasi yang tepat yang menagtur sistem keuangan kripto. Langkah ini harus segera dilakukan sebelum ekosistem kripto menjadi terlalu besar dan saling terhubung satu sama lain sehingga justru akhirnya kan mendatangkan risiko atau bahaya terhadap sistem keuangan yang lebih luas.

Dampak Minimnya Regulasi Aset Kripto

Minimnya regulasi aset kripto telah menghadirkan kebingungan dan berbagai masalah lain di dunia mata uang kripto. Kehadiran regulasi ini dianggap sangat penting di dunia yang berkembang dengan begitu cepat dan diikuti oleh kalangan masyarakat dan lembaga y ang begitu luas. Di tengah potensinya yagn begitu besar, masih terhadap ketidakpastian terkait peraturan yang harus diikuti atau dihindari.

Terlepas dari kejatuhan mata uang kripto pada tahun ini, pihak regulator Amerika Serikat tetap menunjukkan dukungan mereka terhadap potensi, pertumbuhan, dan jangkauan dari industri digital ini. Pihak pemerintah negara adidaya tersebut juga mengatakan bahwa perlu kerangka hukum tertentu untuk memberikan kepastian terhadap industri ini. Pernyataan ini diberikan pihak pemerintah AS setelah sebelumnya industri kripto dikabarkan mengalami kejatuhan luar biasa. Hal ini salah satunya ditunjukkakn dengan kejatuhan nilai Bitcoin lebih dari 70% dari nilai tertingginya di bulan November tahun lalu di angka USD68.982,20.

Potensi Dunia Mata Uang Kripto

Pernyataan pejabat tinggi AS tersebut merupakan fakta yang harus dihadapi para pegiat kripto saat ini. Bahkan isu crypto adalah salah satu isu yang kerap diperbincangkan belakangan ini. Meski demikian, masih ada harapan terkait dunia aset digital ini. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari langkah beberapa negara yang mulai membahas kemungkinan regulasi aset kripto untuk memberikan kepastian hingga menciptakan dukungan yang diperlukan oleh ekosistem kripto untuk berkembang.

Memang sejauh ini, salah satu masalah besar yang dihadapi oleh dunia kripto adalah dukungan dari pemerintah terkait aspek legalitas. Aset kripto kerap dipandang sebelah mata karena tingkat volatilitasnya yang tinggi. Hal ini membuat aset ini dianggap sebagai sebuah ancaman, berbeda dengan komoditas lainnya seperti saham atau komoditas perdagangan. Tak heran jika kemudian banyak pihak justru lebih memilih untuk menghindari komoditas ini.