Lompat ke konten
Home » Pembaruan Kripto Monero Resmi Bergulir

Pembaruan Kripto Monero Resmi Bergulir

  • oleh
Monero

Monero, sebuah protokol mata uang kripto yang berfokus pada privasi penggunanya, tengah bersiap untuk mendapatkan pembaruan jaringan besar-besaran pada akhir minggu ini. Menurut jadwal yang beredar, pembaruan ini akan dilakukan pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022 waktu setempat. Monero, dengan token aslinya Monero atau XMR, merupakan sebuah proyek sumber terbuka yang diluncurkan pada tahun 2014 sebagai ‘Bitmonero’. Proyek ini mengklaim XMR sebagai sebuah mata uang kripto yang aman, rahasia, dan tidak dapat dilacak sehingga menjamin kerahasiaan dari setiap transaksi keuangan.

Proses Pembaruan Jaringan Monero

Pembaruan ini akan diterapkan melalui mekanisme hard fork – sebuah perubahan permanen yang dilakukan terhadap rantai blok yang tidak memiliki kompatibilitas mundur (node yang ada antara menolak perubahan atau terbagi ke dalam rantai blok yang berbeda).

“Perbarui perangkat lunak Anda ke Monero v.018,” ujar salah satu pengembang Monero dalam sebuah wawancara dengan CoinDesk pada hari Jumat waktu setempat. Pihak Monero juga menambahkan bavhwa para pengguna harus mempelajari tata cara pembaruan jaringan ini melalui unggahan pihak pengembang yang mulai tayang pada bulan April lalu.

Cara Kerja Monero

Monero menggunakan kriptografi inovatif untuk menawarkan kerahasiaan dan keamanan tingkat tinggi bagi para penggunanya. Beberapa fitur penting yang ditawarkan mata uang kripto ini adalah sebagai berikut.

  • Tanda tangan cincin
    Tanda tangan digital yang dapat dihasilkan oleh setiap pengguna di dalam sebuah grup. Fitur ini memastikan bahwa tidak mungkin secara teknis untuk menentukan kunci, dari kumpulan kunci yang ada, yang digunakan untuk menciptakan tanda tangan tersebut. Tanda tangan cincin menjadikan pelacakan asal dari sebuah transaksi Monero mustahil untuk dilakukan.
  • Alamat palsu
    Alamat yang hanya bisa dipakai 1 kali yang secara otomatis dihasilkan untuk setiap transaksi. Setiap pengguna dapat menampilkan sebuah alamat tunggal, tapi pada kenyataannya semua dana yang masuk akan melalui berbagai alamat yang berbeda. Alamat-alamat ini tidak dapat dilacak ke alamat yang ditampilkan sang pengguna tadinya atau transaksi lainnya. Hanya pihak penerima dan pengiriman yang mengetahui alamat pembayaran tersebut.
  • Kekebalan
    Kekebasan tingkat tinggi yang memungkinkan transaksi berjalan secara rahasia di protokol Monero maupun yang lainnya. Setiap transaksi di jaringan mata uang kripto ini selalu diamankan menggunakan teknologi kriptografis canggih untuk membuatnya tampil tersembunyi.
  • Dandelion++
    SEbuah fitur yang menyembunyikan hubungan antara transaksi dan alamat titik IP. Fitur ini meningkatkan kerahasiaan transaksi.
  • Dompet dan bursa
    Beberapa bursa penting seperti Bittrex dan Kraken di Inggris telah mengeluarkakn Monero dan mata-mata uang kripto berbasis kerahasiaan serupa dari sistem mereka. Bursa lainnya seperti Coinbase (COIN) bahkan tidak pernah memasukkan mata uang ini sedari awal. Alasan pengambilan tindakan ini adalah tingginya kerahasiaan mata uang kripto ini sehingga identitas para penggunanya sulit diketahui serta tingginya peluang terjadinya pencucian uang menggunakan mata uang kripto yang satu ini.

Fakta Penting tentang Pembaruan Jaringan Ini

Pembaruan jaringan mata uang kripto atau crypto coins ini akan mendatangkan beberapa fitur baru. Berikut ini beberapa perubahan yang akan terjadi setelah pembaruan tersebut.

  • Jumlah penandatangan untuk tanda tangan cincin akan meningkat dari yang awalnya 11 menjadi 16 untuk seetiap transaksi
  • Bulletproofs+, sebuah pembaruan terhadap algoritma kekebalan atau Bulletproof yang ada saat ini, akan diterapkan. Protokol ini mengurangi ukuran transaksi sambil meningkatkan kecepatan transaksi itu sendiri. Secara keseluruhan, performa transaksi diprediksi akan mampu meningkat di kisaran 5 sampai 7%
  • Tanda visual akan diterapkan untuk mempercepat sinkronisasi dompet hingga 30 sampai 40%
  • Perubahan biaya akan memperkecil volatilitas biaya dan meningkatkan keamanan jaringan secar akeseluruhan
  • Multitanda tangan akan meningkatkan keamanan dan performa patch jaringan.